Pelaku UMKM di Parimo Dilatih Bikin Kuliner Modern Berbahan Sagu

oleh
oleh
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parimo, Sofiana memberikan sambutan pada pelatihan pelatihan pengelolaan sagu menjadi komoditi unggulan. (Foto : arif)

PARIMO – parimoaktual.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelar pelatihan pengelolaan sagu menjadi komoditi unggulan untuk memajukan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Tim penggerak PKK Parimo, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, dan Dinas Perikanan dan Kelautan setempat,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parimo, Sofiana, di Parigi. Jumat (09/09/2022)

Menurutnya, pelatihan pengolahan sagu ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengola sagu menjadi kuliner modern dan berkualitas.

Agar dapat menjadi peluang usaha baru masyarakat, yang berdaya saing untuk menambah penghasilan keluarga .

Selain itu kata dia, Pemda Parimo ingin mengunggulkan komoditi pangan berbahan sagu untuk lebih bermasyarakat.

“Sehingga kuliner sagu itu, dapat dipasarkan melalui digital dan masuk dalam ritel modern ataupun bakery yang ada di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Sofiana menyampaikan kepada seluruh peserta dapat proaktif mengikuti pelatihan, sebab mereka  akan menerapkan.

Serta berbagi ilmu pengolahan sagu yang diajarkan kepada pelaku UMKM lainnya yang ada di Parimo.

“Apalagi pematerinya memang sangat berkompeten di bidang pengolahan sagu yang berasal dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti DKI Jakarta,” jelas Sofi.

Dia berharap, dengan terlaksananya kegiatan tersebut, dapat  memberikan kontribusi peluang pelaku usaha untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Hasil olahan sagu berbasis modern ini juga akan kami tampilkan pada perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang akan dilaksanakan di Sulteng Oktober mendatang,” kata Sofiana. (Ww)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *